Minggu, 23 Januari 2011

SEJARAH LETUSAN GUNUNG TAMBORA

Quote:
Tahun tanpa musimpanas, juga dikenal sebagai Tahun Kemiskinan dan Seribu delapan ratusdan membeku hingga mati, terjadi pada 1816, ketika penyimpangan iklimmusim panas menghancurkan panen di Eropa Utara, Amerika timur laut danKanada timur. Kini orang umumnya menduga bahwa penyimpangan itu terjadikarena ledakan vulkanik Gunung Tambora pada tanggal 5 April–15 April1815. Gunung ini terletak di pulau Sumbawa di Hindia Belanda (kiniIndonesia) yang melontarkan lebih dari satu setengah juta ton – atau400 km³ – debu ke lapisan atas atmosfer. Seperti umumnya diketahui,setelah sebuah letusan gunung berapi yang dahsyat, temperatur diseluruh dunia menurun karena berkurangnya cahaya matahari yang bersinarmelalui atmosfer.Quote:
Penyimpangan iklim yang luar biasa pada 1816menimbulkan pengaruh yang sangat hebat di Amerika timur laut, KanadaMaritim dan Eropa utara. Biasanya, pada akhir musim semi dan musimpanas di Amerika timur laut cuacanya relatif stabil: temperaturrata-rata sekitar 20–25°C, dan jarang sekali turun hingga di bawah 5°C.Salju musim panas sangat jarang terjadi, meskipun kadang-kadang turunpada bulan Mei.Quote:
Namun pada Mei 1816 frost (pembekuan) mematikansebagian besar tanaman yang telah ditanam, dan pada bulan Juni duabadai salju mengakibatkan banyak orang yang meninggal. Pada Juli danAgustus, danau dan sungai yang membeku dengan es terjadi hingga diPennsylvania yang jauh di selatan. Perubahan temperatur yang cepat dandramatis lazim terjadi, dengan temperatur yang bergeser dari yangnormal dan di atas normal pada musim panas, yaitu 35°C hingga hampirmembeku hanya dalam beberapa jam saja. Meskipun para petani di selatanNew England berhasil menuai panen yang masak, harga jagung danbiji-bijian lainnya meningkat secara dramatis. Harga haver, misalnya,meningkat dari 12 sen dolar sekarungnya (ukuran 35 1/4 liter) padatahun sebelumnya menjadi 92 sen dolar Amerika.Quote:
Banyak sejarahwan yang menyebutkan tahun tanpamusim panas ini sebagai motivasi utama untuk terbentuknya dengan segerapemukiman yang kini disebut sebagai Barat Tengah Amerika. Banyakpenduduk New England yang tewas karena tahun itu, dan puluhan ribulainnya berusaha mencari tanah yang lebih subur dan kondisi-kondisipertanianyang lebih baik di Barat Tengah Hulu (saat itu merupakanWilayah Barat Laut) . (Sebuah contoh spesifik tentang hal ini adalahketika keluarga Joseph Smith yang kemudian menjadi pendiri Gereja YesusKristus dari Orang-orang Suci Zaman Akhir pindah dari Sharon, Vermontke Palmyra, New York di negara bagian New York yang jauh di baratsetelah beberapa kali panen yang gagal.) Sementara hasil panen memangburuk selama beberapa tahun, pukulan yang terakhir terjadi pada 1815dengan letusan Tambora.Quote:
Letusan Tambora ini juga menyebabkan Hongariamengalami salju coklat. Italia mengalami sesuatu yang serupa, dengansalju merah yang jatuh sepanjang tahun. Hal ini diyakini disebabkanoleh debu vulkanik di atmosfer.Badai yang hebat, curah hujan yang tidaknormal, dan banjir di sungai-sungai utama Eropa (termasuk Sungai Rheindihubungkan dengan peristiwa ini. Demikian pula dengan frost yangterjadi pada Agustus 1816.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar